Veda Praxis Mendukung Proyek Pembaruan Sistem Perdagangan dan New Data Center JATS Next G Bursa Efek Indonesia

Oleh : 
Denny Tan - Marketing & Communication

Pada 22 Mei 2018, Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan peresmian JATS Next G untuk Proyek Pembaruan Sistem Perdagangan dan New Data Center. JATS Next G merupakan pemutakhiran dari JATS (Jakarta Automated Trading Systems) yang dimulai pertama kali pada tahun 1995. JATS adalah sistem perdagangan efek yang berlaku di BEI, yang memungkinkan aktivitas dagang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan komputer. Penerapan ini bertujuan dalam mewujudkan pemrosesan transaksi dan informasi berdasarkan prioritas waktu dan harga di pasar modal. Untuk peningkatan proses transaksi dan informasi yang lengkap, akurat, aman, konsisten, dan tepat waktu, JATS Next G didukung dengan dilaksanakannya Proyek Pembaruan Sistem Perdagangan dan New Data Center (PSP – NDC).

Sebagai konsultan yang memiliki pengalaman dalam ruang lingkup teknologi informasi (TI), Veda Praxis mendukung tujuan BEI untuk menyelenggarakan perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien. Selama lebih dari dua tahun, Veda Praxis dipercaya oleh BEI untuk turut ambil bagian dalam persiapan penerapan sistem komputer yang akurat, cepat, aman dan dapat diandalkan. Melalui Proyek Pembaruan Sistem Perdagangan dan New Data Center, Veda Praxis membantu pihak manajemen dalam menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai dengan tingkat risiko proyek serta memberikan rekomendasi proses keputusan go live. Proyek ini dilaksanakan dengan beberapa objektif utama meliputi kajian kesiapan sarana dan prasarana data center, disaster recovery center, dan working room, memastikan kesiapan jaringan MiniCloud dan JTPM  Backdoor, memastikan kualitas spesifikasi fungsional dan non-fungsional sistem X-Stream INET dan surrounding application, serta memastikan pemenuhan kesiapan live telah sesuai dengan kebutuhan BEI.

Merupakan sebuah kesempatan berharga bagi Veda Praxis untuk berkontribusi  dan berperan sebagai konsultan quality assurance dan risk management eksternal untuk BEI. Hal ini tentu tidak terlepas atas kolaborasi dengan pihak internal dalam melakukan kegiatan penjaminan kualitas dan manajemen risiko pada kegiatan-kegiatan penting termasuk di dalamnya mock trading, pre-live dan live. Semoga pembaharuan sistem ini dapat menjadi tonggak baru dalam pencapaian visi BEI untuk menjadi bursa efek yang kompetitif dengan kredibilitas yang diakui di tingkat dunia.